Langkah Melukis Lingkaran dalam Segitiga


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Langkah Melukis Lingkaran dalam Segitiga. Silahkan dibaca baik-baik tentang Langkah Melukis Lingkaran dalam Segitiga ini ya.
Lingkaran dalam segitiga adalah lingkaran yang menyinggung semua sisi dari suatu segitiga. Sehingga sisi-sisi segitiga tersebut tegak lurus dengan jari-jari lingkaran. Perhatikan gambar berikut!
Lingkaran Dalam Segitiga
Lingkaran O adalah lingkaran dalam dari segitiga ABC. Sekarang perhatikan bahwa EO =DO dan OA = OA, sehingga segitiga AEO dan segitiga ADO merupakan segitiga-segitiga yang kongruen. Sehingga sudut-sudut yang bersesuaian, yaitu sudut OAE dan sudut OADsama besar. Oleh karena itu, garis AO merupakan garis bagi sudut DAE.
Dari uraian di atas, titik pusat lingkaran dalam segitiga merupakan perpotongan dari garis-garis bagi dari semua sudut segitiga tersebut. Berikut ini langkah-langkah dalam melukis lingkaran dalam segitiga.
  1. Lukislah garis bagi dari dua sudut dalam segitiga. Titik perpotongan garis-garis bagi tersebut merupakan titik pusat dari lingkaran dalam segitiga tersebut.
  2. Dari titik pusat tersebut, buatlah garis yang tegak lurus dengan salah satu sisi segitiga.
    Melukis Lingkaran Dalam Segitiga
  3. Dan selanjutnya, lukislah lingkaran yang berpusat di titik yang diperoleh pada langkah 1 dan melalui titik perpotongan antara garis yang diperoleh pada poin 2 dan sisi segitiga yang tegak lurus dengan garis tersebut.
Agar lebih memahami dalam melukis lingkaran dalam segitiga, perhatikan ilustrasi berikut ini.
Melukis Lingkaran Dalam Segitiga

Semoga postingan kami tentang Langkah Melukis Lingkaran dalam Segitiga ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene