Cara Melukis Segitiga dengan 3 Sisi Diketahui


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Cara Melukis Segitiga dengan 3 Sisi Diketahui. Silahkan dibaca baik-baik tentang Cara Melukis Segitiga dengan 3 Sisi Diketahui ini ya.
Segitiga merupakan salah satu bangun datar yang memiliki 3 sisi. Tentunya kita dapat dengan mudah melukis segitiga sembarang. Tetapi bagaimana cara melukis suatu segitiga yang memiliki ukuran tertentu, misalkan panjang sisi-sisinya 16 cm, 15 cm, dan 13 cm. Untuk melukis segitiga yang memiliki panjang sisi tertentu, lakukan langkah-langkah berikut.
  1. Misalkan kita akan melukis segitiga dengan ukuran sisi-sisinya 16 cm, 15 cm, dan 13 cm. Pertama, lukislah sisi yang menjadi alas segitiga. Ukuran dari sisi alas ini dapat kita pilih sembarang dari ukuran sisi-sisi segitiga yang ditentukan. Misalkan kita pilih 15 cm sebagai panjang dari sisi alas segitiga.
  2. Ambil jangka dan aturlah jari-jari jangka tersebut sehingga panjangnya sama dengan panjang sisi segitiga lainnya. Misalkan kita atur jangka tersebut sehingga jari-jarinya sama dengan 16 cm. Setelah itu buatlah busur lingkaran dengan pusat di ujung sisi alas segitiga.
  3. Lakukan kembali langkah 2 tetapi dengan panjang sisi lainnya, yaitu 13 cm, dan pusat busur lingkaran terletak di ujung yang lain dari sisi alas segitiga. Dari langkah ini kita mendapat titik perpotongan dua busur lingkaran yang terbentuk.
    Melukis Segitiga dengan Ukuran Tertentu
  4. Hubungkanlah titik perpotongan dua busur lingkaran dengan titik-titik ujung dari sisi alas segitiga
Berikut ini ilustrasi dalam melukis segitiga jika diketahui panjang ketiga sisinya dari langkah 1 sampai 4 di atas.
Melukis Segitiga dengan Ukuran Tertentu
Tentunya apabila kita sudah berlatih melukis segitiga jika diketahui panjang ketiga sisinya, kita juga dapat melukis segitiga jika diketahui perbandingan panjang ketiga sisinya, dan juga segitiga sama sisi.
Semoga postingan kami tentang Cara Melukis Segitiga dengan 3 Sisi Diketahui ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene