Cara Melukis Segitiga Siku-Siku


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Cara Melukis Segitiga Siku-Siku. Silahkan dibaca baik-baik tentang Cara Melukis Segitiga Siku-Siku ini ya.
Segitiga siku-siku merupakan segitiga yang salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku, yaitu sudut yang besarnya 90°. Segitiga siku-siku memiliki dua macam sisi, yaitu sisi siku-siku dan sisi miring/hypotenusa. Sisi siku-siku merupakan sisi-sisi yang menjadi kaki sudut dari sudut siku-siku pada segitiga. Sedangkan sisi miring merupakan sisi segitiga yang berhadapan dengan sudut siku-siku. Perhatikan beberapa contoh segitiga siku-siku berikut.
Segitiga Siku-siku
Pada pembahasan ini akan dijelaskan bagaimana cara melukis segitiga siku-siku jika deketahui panjang kedua sisinya. Alat-alat yang perlu disiapkan adalah jangka, penggaris, pensil, dan kertas.
Melukis Segitiga Siku-siku Jika Diketahui Panjang Kedua Sisinya
Misalkan kita akan melukis segitiga siku-siku ABC yang memiliki sisi-sisi siku-siku yang panjangnya 4 cm dan 3 cm dan siku-siku di A. Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Lukislah sisi AB yang memiliki panjang 4 cm.
  2. Lukislah suatu sinar garis yang tegak lurus dengan sisi AB dan memiliki pangkal di titik A.
  3. Buatlah sisi AC yang memiliki panjang 3 cm sedemikian sehingga sisi AC tersebut berhimpit dengan garis yang dihasilkan pada langkah 2.
    Langkah-langkah Melukis Segitiga Siku-siku
  4. Hubungkan titik B dan C untuk menghasilkan sisi miring BC.
Untuk memudahkan pemahaman dalam melukis segitiga siku-siku ABC di atas, perhatikan ilustrasi berikut.
Melukis Segitiga Siku-siku
Contoh di atas merupakan contoh melukis segitiga siku-siku apabila diketahui panjang kedua sisi siku-sikunya. Bagaimana jika yang diketahui adalah panjang salah satu sisi siku-sikunya dan panjang sisi miringnya? Perhatikan contoh soal berikut.
Contoh: Melukis Segitiga Siku-siku
Lukislah segitiga siku-siku KLM (siku-siku di L) jika diketahui panjang sisi LM dan KMsecara berturut-turut adalah 8 cm dan 10 cm.
Pembahasan Pertama, sama seperti dalam melukis segitiga siku-siku pada contoh sebelumnya, lukislah sisi LM yang panjangnya 8 cm. Kedua, lukislah sinar garis yang tegak lurus dengan sisi LM dan memiliki pangkal di titik L. Selanjutnya, buatlah sisi miring KM yang panjangnya 10 cm (titik K terletak pada sinar garis yang terbentuk pada langkah sebelumnya). Dan terakhir, hubungkan titik-titik K dan L sehingga dihasilkan sisiKL. Perhatikan gambar berikut.
Langkah-langkah Melukis Segitiga Siku-siku (Contoh Soal)

Semoga postingan kami tentang Cara Melukis Segitiga Siku-Siku ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene