Sudut-Sudut Sepihak


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Sudut-Sudut Sepihak. Silahkan dibaca baik-baik tentang Sudut-Sudut Sepihak ini ya.
Apakah yang dimaksud sudut-sudut sepihak? Sudut-sudut sepihak terbentuk apabila 2 garis sejajar atau lebih dipotong oleh suatu garis. Perhatikan gambar berikut ini.
Garis-garis Sejajar
Sudut α1 sehadap dengan sudut α2, sudut β1 sehadap dengan sudut β2, sudut γ1 sehadap dengan sudut –?–, sedangkan sudut θ1 sehadap dengan sudut –?–. Dalam sudut-sudut sehadap pada garis sejajar, terdapat teorema berikut ini.
Jika ada dua garis sejajar dipotong oleh garis lain maka sudut-sudut sehadap yang terbentuk sama besar.
Mari kita lakukan investigasi untuk membuktikan kebenaran teorema tersebut. Yang akan dibuktikan di sini adalah sudut-sudut sehadap β1 dan β2.
Investigasi
Langkah 1: Siapkan kertas berpetak, pensil, penggaris, dan jangka. Lukis gambar di atas pada kertas berpetak.
Langkah 2: Kontruksi garis m yang tegak lurus dengan garis l, sehingga memotong garisl dan garis k di titik P dan Q, dan memotong garis n di titik R. Karena garis m tegak lurus dengan l dan garis l sejajar dengan garis k, maka garis m juga tegak lurus dengan garis k.
Garis-garis Sejajar 1
Misalkan segitiga yang dibentuk akibat perpotongan garis-garis km, dan n adalahsegitiga pertama, dan segitiga yang dibentuk akibat perpotongan garis-garis lm, dan nadalah segitiga kedua, maka segitiga pertama dan segitiga kedua adalah segitiga-segitiga yang sebangun (sudut, sudut).
Langkah 3: Tentukan besar sudut β1 dan β2. Karena segitiga pertama dan segitiga kedua adalah segitiga yang sebangun, maka jelas bahwa besar sudut β1 sama dengan besar sudut β2. Terbukti.
Semoga postingan kami tentang Sudut-Sudut Sepihak ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene