Limit Fungsi


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Limit Fungsi. Silahkan dibaca baik-baik tentang Limit Fungsi ini ya.
Misalkan kita diminta untuk mensketsa grafik fungsi f, yaitu:
Fungsi f
Untuk semua nilai selain x = 1, kita dapat menggunakan teknik-teknik mensketsa kurva seperti biasa. Akan tetapi, ketika x = 1, kita tidak dapat menentukan nilainya. Lalu bagaimana dengan bentuk grafiknya ketika x = 1? Untuk mengetahui sifat grafik fungsi ketika mendekati x = 1, kita dapat menggunakan 2 himpunan nilai x–himpunan xmendekati 1 dari kiri dan himpunan x mendekati 1 dari kanan, seperti yang ditunjukkan oleh tabel berikut.
Tabel x dan f(x)
Grafik dari fungsi f berbentuk parabola yang berlubang pada titik (1, 3), seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah.
Grafik Fungsi 1
Walaupun x tidak boleh 1, kita dapat menentukan nilai f ketika x mendekati 1 dan diperoleh f(x) akan mendekati 3. Dengan menggunakan notasi limit, kita dapat menulis
Limit f(x) = 3
Pembahasan ini selanjutnya membawa kita kepada definisi limit yang tidak formal. Jika nilai f(x) mendekati suatu nilai L ketika x mendekati nilai c, maka limit f(x) dengan xmendekati c adalah L. Limit ini dapat ditulis sebagai,
Definisi Informal Limit
Contoh 1: Menaksir Nilai Limit secara Numerik
Tafsirlah nilai fungsi, f(x) = x/(√(x + 1) – 1) pada beberapa titik yang dekat dengan x = 0 dan gunakan hasil tersebut untuk menentukan nilai limit,
Fungsi f ke-2
Pembahasan
Tabel berikut menyajikan nilai-nilai f(x) untuk beberapa x yang mendekati 0.
Tabel x dan f(x) (2)
Dari hasil yang ditampilkan tabel, kita dapat menaksirkan nilai limitnya adalah 2. Nilai limit ini diperkuat oleh grafik fungsi f berikut.
Grafik Fungsi 2
Perhatikan bahwa pada contoh 1 di atas, fungsi f tidak terdefinisi di x = 0, namun nilai limit f(x) dapat ditentukan ketika x mendekati 0. Hal ini sering terjadi dan patut dicatat bahwa ada atau tidaknya nilai f(x) pada x = c tidak mempengaruhi keberadaan nilai limit dari f(x) ketika x mendekati c.
Contoh 2: Menemukan Nilai Limit
Tentukan nilai limit dari f(x) ketika x mendekati 2, apabila fungsi f didefinisikan sebagai berikut:
Fungsi f ke-3
Pembahasan
Karena f(x) = 1 untuk setiap x selain x = 2, maka kita dapat menyimpulkan bahwa nilai limitnya adalah 1, seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah.
Grafik Fungsi 3
Sehingga kita dapat menuliskan,
Fungsi f ke-4
Hal ini sesuai dengan fakta bahwa f(2) = 0 tidak mempengaruhi keberadaan atau nilai limit ketika x mendekati 2. Sebagai contoh, suatu fungsi yang didefinisikan sebagai
Fungsi f ke-5
Akan memiliki nilai limit yang sama
Semoga postingan kami tentang Limit Fungsi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene