Penurunan Rumus Volume Prisma dan Tabung


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Penurunan Rumus Volume Prisma dan Tabung. Silahkan dibaca baik-baik tentang Penurunan Rumus Volume Prisma dan Tabung ini ya.
Dalam keseharian hidup, kamu tak jarang akan menemukan sebuah problem yang berhubungan dengan volume. Contohnya nih, kalau kamu pergi ke supermarket dan beli sebuah produk minuman. Kamu akan bandingin volume dan harga dari beberapa jenis yang ada disana. Tujuannya tentu agar ketika beli minuman tersebut kamu tak merasa rugi. Ya kalau bisa isinya (volume) banyak dan hargannya murah, dan rasanya juga uenak.

Nah itu baru saat belanja. Sebenarnya ada beberapa pekerjaan yang sejarinya menggunakan prinsip volume agar pekerjaan mereka terlkasan dengan baik. Contohnya nih seorang yang membangun jembatan, dia harus memperhitungkan berat dan volume jembatan tersebut agar kuat. Meningat ada tekanan dll akibat volume dan berat ini. Ah, kamu bisa tanya guru fisika aja masalah ini.

Dan contoh kerjaan lain yang butuh perhitungan volume adalah Chef alias tukang masak. Untuk mendapatkan sebuah masakah yang perfecto lezato, ya pastinya takarang banyaknya bahan yang dimasukkan harus proporsional, bukankah ini dibutuhkan pengetahuan tentang volume.

Sekarang apa itu Volume? Volume artinya adalah sebuah jumlah yang mengungkapkan jumlah ruang yang ada dalam sebuah bangun ruang (3 dimensi). Agar menyamakan, biasanya digunakan sebuah satuan dalam pengukuran volume. Contohnya liter, meter kubik, centimeter kubik, barrel dll. Volume sebuah objek secara kata-kata bisa dinyatakan sebagai banyaknya satuan kubus satuan yang bisa diletakkan dalam objek tersebut.

Bagaimana Cara Menemukan Rumus Volume Prisma dan Tabung?

Sekarang kamu ikuti langkah berikut ini ya, bagaimana bisa menemukan rumus volume prisma dan tabung.
Step 1. Coba temukan volume dari dua buah prisma segiempat di bawah ini. Anggap semua satuan dalam cm.

Cara paling sederhana adalah dengan menghitung banyaknya kubus satuan. Begitu juga untuk tinggi prisma pada gambar di atas. Kita bisa simpulkan bahwa luas daerah alas dan tinggi merupakan kunci dasar untuk tahu 'berapa' ruang yang ada dalam prisma tersebut.

Jadi, dengan demikian bisa dikatakan Volume Prisma dengan alas segi empat adalah $V= L_{alas}.t$

Bagaimana kalau alas dari prisma bukan persegi panjang atau persegi? Misalnya pada bangun yang terlihat pada gambar di bawah ini,
Alas dari prisma di atas ada yang segitiga dan ada yang lingkaran serta ada yang bentuknya tak beraturan. Demikian juga, untuk sisi alas kita tetap menghitung luas persegi kecil yang menempati alas tersebut. Oleh sebab itu tetap digunakan rumus $V=L_{alas}.t$.

Lalu, kalau Bangunnya Miring? Bagaimana cara mencari Volume Prisma miring?
Kamu perhatikan gambar gambar di bawah ini.
Dari miring-miringnya benda tersebut, bila disusun menjadi rapi dan lurus, maka tetap saja akan membentuk prisma yang utuh. Kesimpulannya di sini, untuk Volume prisma tetap digunakan rumus: $V=L_{alas}.t$.
Semoga postingan kami tentang Penurunan Rumus Volume Prisma dan Tabung ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene