Langkah Melukis Segitiga Sama Sisi


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Langkah Melukis Segitiga Sama Sisi. Silahkan dibaca baik-baik tentang Langkah Melukis Segitiga Sama Sisi ini ya.
Untuk melukis segitiga sama sisi kamu harus tahu apa pengertian segitiga sama sisi. Pengertian segitiga sama sisi adalah sebuah segitiga dengan semua sisinya memiliki panjang yang sama. Oleh sebab itu, karena sisinya sama panjang, maka ke-tiga sudutnya jua sama besar.

Jumlah semua sudut segitiga adalah $180^0$. Jadi kita bisa tahu besarnya sudut pada sebuah segitiga sama sisi adalah $\frac {180^0}{3} = 60^0$. 

Dalam melukis segitiga sama sisi kali ini kita akan butuh alat yang harus kamu sediakan. Alat yang kita butuhkan adalah penggaris, kertas, jangka dan pensil. Sangat disarankan menggunakan kertas kotak-kotak.
Langkah dalam melukis segitiga sama sisi. (Andaikan kita akan melukis segitiga ABC).
1) Kamu lukis terlebihi dahulu garis AB.
2) Kemudian kamu buat sebuah busur yang berpusat di B dan melewati titik A. Gunakan jangka pada bagian ini.
3) Kemudian kamu bikin busur dengan pusat di A dan melalui B.
4) Perpotongan antara busur pada langkah ke 2 dan langkah ke 3 kamu beri nama titik C. Selanjutnya hubungkan titik A,B dan C. Sehingga terbentuk garis AB, BC dan CA. Sekarang lihat apa yang kamu dapatkan.

Ketika melukis segitiga sama sisi ini, artinya kamu juga telah mendapatkan ilmu bagaimana cara melukis sudut $60^0$. Sebab setiap sudut dalam segitiga sama sisi tersebut adalah $60^0$. Kemudian, kamu secara tak langsung telah mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara melukis sudut $120^0$ dan $300^0$. Lho Koq bica cih?

Sudut $120^0$ merupakan pelurus dari sudut $60^0$. Jika kamu perpanjang garis AB, maka sudut bagian luar yang dibentuk pada titik B atau titik A adalah $120^0$.

Mengenai sudut $300^0$, kamu tahu bukan jika sudut satu putaran besarnya $360^0$. Nah sekarang perhatikan pada titik A. Semua sudut bagian luar dari titik A adalah $300^0$, sebab seluruh sudut $360^0$, sementara untuk sisi bagian dalam $60^0$ dan sisanya pasti $300^0$ untuk sisi luar. Terakhir biar lebih seru, kamu bisa perhatikan animasi berikut untuk melukis segitiga sama sisi
Semoga postingan kami tentang Langkah Melukis Segitiga Sama Sisi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene