Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran. Silahkan dibaca baik-baik tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran ini ya.
Pada pembahasan kali ini akan dibahas topik mengenai panjang garis singggung persekutuan luar lingkaran. Misalkan lingkaran A dan lingkaran B berikut secara berturut-turut memiliki jari-jari yang panjangnya r1 dan r2, seperti diperlihatkan oleh gambar berikut ini.
Panjang Garis Singgung
Garis DC di atas merupakan garis singgung persekutuan luar dari lingkaran A dan lingkaran B. Apabila Ruas garis DC digeser ke bawah sejauh CE sedemikian sehingga titikD berimpit dengan titik A, maka DC = AE dan DA = CE. Perhatikan bahwa EB = CB – CE, dan misalkan AB = d.
Karena segitiga AEB siku-siku di E, maka berlaku teorema Pythagoras seperti berikut:
Rumus Panjang Garis Singgung 1
Karena AE = DCAB = d, dan EB = CB – CE = CB – CE = r2 – r1 maka
Rumus Panjang Garis Singgung 2
Sehingga, dari pembahasan di atas diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
Kuadrat dari panjang ruas garis singgung persekutuan luar dua lingkaran sama dengan kuadrat dari jarak titik pusat kedua lingkaran dikurangi dengan kuadrat dari selisih jari-jarinya.
Semoga postingan kami tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene