Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan dalam Lingkaran


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan dalam Lingkaran. Silahkan dibaca baik-baik tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan dalam Lingkaran ini ya.
Yang dimaksud panjang garis singgung persekutuan dalam di sini adalah panjang ruas garis yang dibentuk oleh titik-titik singgung lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam. Perhatikan gambar di bawah ini.
Panjang Garis Singgung Persekutuan Dalam
Gambar di atas menunjukkan lingkaran P dan lingkaran Q yang secara berturut-turut memiliki panjang jari-jari r1 dan r2. Garis RT merupakan garis singgung persekutuan dalam dari lingkaran-lingkaran P dan Q. Apabila ruas garis RT digeser ke atas sejauh PTsedemikian sehingga titik T berimpit dengan P dan menghasilkan ruas garis SP maka SP =RT, dan SR = PT = r1. Perhatikan bahwa SQ = SR + RQ = PT + RQ = r1 + r2, dan jarak antara titik-titik pusat lingkaran-lingkaran P dan Q adalah d.
Karena segitiga QSP siku-siku di S, maka berlaku teorema Pythagoras sebagai berikut:
Rumus Panjang Garis Singgung Persekutuan Dalam
Sehingga, dari pembahasan mengenai panjang garis singgung persekutuan dalam di atas, diperoleh kesimpulan sebagai berikut.
Kuadrat dari panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran sama dengan kuadrat dari jarak titik-titik pusat kedua lingkaran dikurangi dengan kuadrat dari jumlah panjang jari-jarinya.
Untuk lebih memahami mengenai panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran, khususnya dalam pemecahan masalah, perhatikan contoh soal berikut ini.


Semoga postingan kami tentang Menghitung Panjang Garis Singgung Persekutuan dalam Lingkaran ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene