Cara Mencari Luas Permukaan Balok


Selamat datang, Kali ini kita akan berbagi tentang Cara Mencari Luas Permukaan Balok. Silahkan dibaca baik-baik tentang Cara Mencari Luas Permukaan Balok ini ya.
Angel akan menghadiri acara ulang tahun temannya. Untuk itu ia akan mempersiapkan kado spesial untuk temannya. Bungkus kado tersebut berupa kardus berbentuk balok yang berukuran 30 cm × 60 cm × 20 cm. Apabila kertas kado yang disediakan di toko berukuran 50 cm × 50 cm, berapa banyak kertas kado yang harus dibeli oleh Angel untuk membungkus kardus tersebut?
Kardus Balok
Untuk memecahkan permasalahan Angel di atas, kalian harus menentukan luas permukaan balok terlebih dahulu. Agar lebih mudah untuk menentukan luas permukaan balok, kita potong balok tersebut menurut beberapa rusuknya sehingga terbentuk jaring-jaring seperti berikut!
Jaring-jaring Balok
Seperti yang diperlihatkan oleh jaring-jaring balok di atas, balok memiliki 3 pasang sisi yang kongruen. Satu pasang persegi panjang warna orange berukuran p × l, satu pasang persegi panjang warna kuning berukuran l × t, dan sepasang persegi panjang warna hijau berukuran p × t.
Luas permukaan balok merupakan jumlah dari luas semua sisinya. Sisi-sisi yang berwarna orange luasnya (p × l) + (p × l) = 2(p × l) satuan luas. Sisi-sisi yang berwarna kuning luasnya (l × t) + (l × t) = 2(l × t). Sedangkan sisi-sisi yang berwarna hijau luasnya (p × t) + (p × t) = 2(p × t). Sehingga luas permukaan balok adalah,
L = 2(p × l) + 2(l × t) + 2(p × t) = 2(p × l + l × t + p × t)
Kembali ke permasalahan Angel di awal, luas permukaan kardusnya adalah L = 2(30 × 60 + 60 × 20 + 30 × 20) = 2(1.800 + 1.200 + 600) = 2(3.600) = 7.200. Diperoleh luas permukaan kardus sebagai bungkus kado adalah 7.200 cm2. Sedangkan kertas kado per lembarnya memiliki luas 50 × 50 = 2.500 cm2.
Banyaknya kertas yang dibutuhkan merupakan pembagian luas permukaan kardus oleh luas kertas kado per lembarnya, 7.200 : 2.500 = 2,88. Karena pembelian kertas kado haruslah bulat, maka Angel harus membeli 3 lembar kertas kado untuk membungkus kadonya.
Semoga postingan kami tentang Cara Mencari Luas Permukaan Balok ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan serta pemahaman matematika kamu. Jangan lupa tetap Berbagi Belajar,Belajar Berbagi.
   
dalam:

Share Yuk



   

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Copyright © PM. Template by: Petunjuk Onlene